Jenis dan Tips Merawat Cincin

Cincin Nikah

Cincin merupakan salah satu aksesoris yang digemari para wanita. Aksesoris yang menghiasi jari-jemari tersebut memiliki berbagai bentuk cantik yang menunjang penampilan mereka. Namun sekarang ini tidak hanya wanita, para pria juga mulai banyak yang menggunakan cincin untuk melengkapi aksesoris mereka. Pada umumnya cincin terbuat dari logam mulia. Hal tersebut karena logam mulia memiliki sifat yang tahan korosi atau anti karat. Sebagai perpaduan logam tersebut, cincin juga sering dilengkapi dengan batu-batuan indah seperti intan, pertama, berlian, bahkan batu akik.

Selain berfungsi sebagai aksesoris, cincin juga biasa digunakan sebagai simbol pasangan. Bisa untuk pasangan bertunangan, bisa juga untuk pasangan menikah. Cincin jenis ini biasa disebut dengan couple rings atau cincin pasangan. Cincin pasangan biasa didesain dengan satu desain yang sama untuk digunakan pada dua cincin tersebut. Kemudian untuk pemakaiannya, secara tradisi kebanyakan orang meletakkan cincin di jari manis tangan sebelah kiri untuk menunjukkan bahwa mereka bertunangan. Sedangkan untuk status pernikahan, biasanya pasangan menikah menggunakan cincinnya di jari manis tangan sebelah kanan.

Menurut letak pemakaiannya pada jari, ada jenis cincin yang disebut dengan midi rings. Midi rings adalah cincin diameter kecil dan diletakkan bukan pada pangkal jari, namun diletakkan di antara buku jari pertama dan buku jari kedua. Cincin jenis ini sedang ngetrend di kalangan anak muda. Selain disebut sebagai midi rings, cincin ini juga biasa disebut dengan above the knucklerings atau mid knuckle rings. Cincin jenis ini modelnya macam-macam, ada yang polos, ada yang bergelombang, bergerigi, banyak juga yang dibentuk dengan bentuk yang unik dan cantik. Midi rings juga bisa dikombinasikan dengan cincin biasa, yaitu dengan menggabungkannya dengan rantai kecil. Biasanya cincin ini juga dijual per set. Jadi, dalam satu set ada beberapa midi rings. Secara umum, orang juga memakainya tidak hanya satu, namun beberapa cincin dipakai bersamaan.

Masih menurut letak pemakaiannya, jenis cincin selanjutnya yaitu nail rings. Cincin ini cara menggunakannya yaitu dipakai di antara buku jari paling ujung dan kuku. Cincin jenis ini berfungsi untuk menghias kuku. Sehingga, nail rings memiliki ukuran aksesoris yang lebar dan panjang sampai di atas permukaan kuku. Nail rings ada yang bentuknya menyerupai kuku dengan batu-batu permata kecil yang bertebaran di atasnya, ada juga yang berbentuk bunga dan bentuk-bentuk indah dan cantik lainnya.


Hobi menggunakan cincin juga jangan lupa untuk merawatnya dengan baik agar cincin Anda awet dan tetap mengkilap. Salah satu dasar perawatannya yaitu dengan rutin mencucinya setiap kali cincin mulai kotor atau dilap menggunakan kain yang lembut. Selain itu, jauhkan cincin dari semprotan parfum, karena mungkin saja kandungan dalam parfum ada yang bisa merusak logam cincin Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis dan Tips Merawat Cincin"

Poskan Komentar